Katup Termostat
Katup termostat berfungsi untuk menahan air
pendingin bersirkulasi pada saat suhu mesin yang rendah
dan membuka saluran adri mesin ke radiator pada saat
suhu mesin mencapai suhu idealnya. Katup termostat
biasanya dipasang pada saluran air keluar dari mesin ke
radiator yang dimaksudkan agar lebih mudah untuk
menutup saluran bila mesin dalan keadaan dingin dan
mebuka saluran bila mesin sudah panas.
Ada 2 tipe termostat, yaitu tipe bellow dan tipe wax.
Kebanyakan termostat yang digunakan adalah tipe wax. Di
samping itu termostat tipe wax ada yang menggunakan
katup by pass dan tidak menggunakan katup by pass.
Cara kerja katup termostat adalah sebagai berikut:
Pada saat suhu air pendingin rendah katup tertutup
atau saluran dari mesin ke radiator terhalang oleh wax
(lilin) yang belum memuai. Bila suhu air pendingin naik
sekitar 80 sampai dengan 90 derajat Celcius maka lilin akan
memuai dan menekan karet. Karet akan berubah bentuk
dan menekan poros katup. Oleh karena posisi poros tidak
berubah maka maka karet yang sudah berubah tersebut
akan membawa katup untuk membuka
Untuk menghindari terjadinya tekanan air yang tinggi
pada saat katup termostat tertutup, pada saluran di bawah
katup dibuatkan saluran ke pompa air yang dikenal dengan
saluran pintas (by pass)
Cara kerja katup by pass pada termostat dapat dilihat pada
sistem pendingin mesin pada saat dingin dan panas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar